Setiap orang pasti ingin terhindar dari penyakit. Namun, tidak bisa dimungkiri bahwa ada juga penyakit yang seringkali tidak dapat dihindari atau yang bisa dikenal dengan penyakit keturunan. Jika Anda ataupun orang terdekat Anda memiliki penyakit keturunan, alangkah baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk keperluan perawatan. Langkah selanjutnya adalah membeli asuransi kesehatan, yang juga dapat memberikan pertanggungan atau asuransi rawat inap individu. Hal ini tentu akan berguna bagi Anda di masa yang akan datang.

Berbicara mengenai penyakit keturunan, tahukah Anda penyakit-penyakit apa saja yang bisa Anda derita karena statusnya yang bawaan? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya, ya.

1. Asma

Pada beberapa kasus, asma disebabkan oleh faktor nongenetik atau faktor luar tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa asma termasuk penyakit keturunan? Ya, penderita penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini banyak yang mendapatkan asma melalui faktor keturunan. Orang dengan asma memiliki kesulitan untuk bernapas. Apabila tidak segera ditangani, maka pasien dapat gagal bernapas.

2. Alergi

Alergi seperti pada telur, ayam, udang, ataupun debu kemungkinan besar berasal dari genetika atau turunan. Pasalnya, potensi seseorang tertular alergi bisa mencapai sekitar 70% apabila kedua orang tua mengidap alergi yang sama.

Mungkin bagi sebagian orang penyakit ini dibilang ringan, hanya saja jangan lantas membuat Anda meremehkannya. Anda harus tetap melakukan perawatan medis dan upaya pengobatan lainnya, terlebih bila alergi ini sudah mengganggu kegiatan harian Anda. Asuransi kesehatan yang sudah Anda miliki mempunyai peranan yang amat penting dalam situasi seperti ini.

3. Diabetes Melitus

Penyakit yang satu ini pada umumnya diturunkan dari orang tua dalam bentuk diabetes tipe 1. Namun apabila pola hidup tidak dijaga, seseorang dapat memiliki diabetes tipe 2. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki orang tua dengan riwayat diabetes, jagalah pola makan Anda, sebab Anda memiliki potensi terkena diabetes yang cukup tinggi.

4. Buta Warna

Buta warna merupakan penyakit yang diturunkan dari genetik kromosom X yang dibawa oleh ibu. Penyakit ini akan muncul di saat yang berbeda-beda pada tiap individu. Ada yang sejak kecil sudah muncul tanda-tandanya, namun ada pula yang muncul saat seseorang sudah beranjak dewasa.

Itulah dia 4 penyakit keturunan yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Apabila keluarga Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, maka bukan tidak mungkin Anda akan terserang penyakit sama. Oleh karena itu selalu upayakan untuk menerapkan pola hidup dan makan yang sehat agar imunitas lebih terjaga dan risiko dari penyakit tersebut bisa diminimalisir.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama