Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula sistem belanja online yang ada di Indonesia dan ini berpengaruh terhadap pola belanja masyarakatnya. Banyak masyarakat yang mulai menyadari bahwa berbelanja online lebih menguntungkan ketimbang berbelanja offline. Ditambah lagi saat ini toko online dan situs online shopping Indonesia sudah mulai merebak dan mendarah bermunculan di masyarakat. Tak heran jika semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli barang secara online ketimbang secara offline atau langsung pergi ke toko. Mulai dari barang-barang seperti baju pesta, gaun pesta, hingga baju kerja mudah didapatkan secara online. Dengan berbelanja di situs belanja online, banyak orang merasa lebih mudah dan praktis dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan. Toko online seperti ilotte.com mampu memberikan fasilitas bagi Anda yang gila belanja namun tak memiliki waktu untuk berbelanja secara offline ke mall atau ke toko manapun, inilah yang mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang secara online.

Bicara soal belanja online dan offline, lantas apa kelebihan dan kekurangan dan belanja secara online? Berikut ini akan dibahas mengenai plus dan minus berbelanja secara online yang sebaiknya Anda tahu.

Kelebihan dari belanja online

1. Hemat waktu


Dibandingkan dengan belanja offline, belanja online lebih menguntungkan dan hemat waktu. Inilah yang membuat belanja secara online sangat cocok untuk Anda yang memiliki segudang kesibukan dan aktivitas tinggi. Dengan berbelanja secara online, Anda tak perlu membuang waktu untuk datang langsung ke toko atau mall untuk membeli barang atau produk yang diinginkan. Anda juga tak perlu menghabiskan waktu untuk memilih barang yang ingin Anda beli. Selain itu Anda tak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk perjalanan ke mall atau toko serta untuk memilih barang. Lebih baik waktu tersebut dialokasikan untuk melakukan aktivitas lain bukan?

2. Hemat tenaga


Tak hanya hemat waktu, Anda pun juga akan lebih hemat tenaga saat berbelanja online. Anda hanya memerlukan gawai atau laptop saja untuk berbelanja secara online tanpa perlu membuang tenaga untuk pergi ke mall. Setelah memilih barang kemudian melakukan transaksi pembayaran, Anda cukup menunggu barang saja sampai barang tersebut dikirimkan oleh penjual. Tentu ini merupakan kemudahan dan kepraktisan tersendiri yang tak mungkin didapat jika Anda berbelanja secara konvensional.

3. Lebih praktis 



Tak hanya hemat waktu dan uang, dilihat dari segi kepraktisan, belanja online juga jauh lebih praktis ketimbang belanja secara offline. Anda tak perlu antri serta berdesakan dengan konsumen lain saat memilih barang dan membayar di toko offline. Sisi praktis ini menguntungkan bagi Anda yang kerap sulit dalam hal transportasi dan tenaga. Ditambah lagi jika Anda tak cocok dengan harga sebuah produk, Anda dapat langsung memilih produk lain yang ditawarkan oleh toko online.

4. Fleksibel saat belanja


Anda dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Dengan demikian Anda dapat melakukan aktivitas pembelian dan belanja secara fleksibel tak terbatas waktu dan tempat. Anda hanya perlu menggunakan kuota internet saja, Anda dapat berbelanja barang apa saja sesuai keinginan. Bahkan Anda dapat melakukan aktivitas belanja produk secara fleksibel sambil melakukan aktivitas lain seperti mengurus anak atau bahkan bekerja. Anda pun dapat belanja dengan santai tanpa terburu-buru waktu karena belanja online sangat fleksibel.

5. Pilihan produk lebih beragam

 
Belanja di online shop tentu lebih mudah dan untung karena dapat memungkinkan Anda dalam memilih produk apa saja yang Anda inginkan. Anda bebas memilih produk karena produk yang ditawarkan lebih variatif dan beragam. Cukup klik tombol pencarian, beragam produk pun menghiasi layar dan siap Anda pilih. Jika tak cocok dengan sebuah produk, Anda dapat langsung memilih produk yang sesuai dengan keinginan Anda.

6. Harga promo dan diskon

Berbelanja secara online juga memberikan keuntungan dari segi ekonomi, karena toko online identik dengan tawaran promo dan diskon. Anda berkesempatan mendapatkan harga promo dan diskon dengan pembelian tertentu. Ditambah lagi dengan harga produk yang lebih miring membuat Anda untuk berkali lipat. Anda bisa mendapatkan harga seminimal mungkin dari produk yang Anda beli secara online, hal ini dikarenakan ongkos distribusi barang yang dapat dihemat dengan berjualan secara online.

7. Kemudahan dalam membayar


Adanya kemudahan dalam pembayaran juga merupakan nilai plus lain dari belanja online. Belanja di toko online tentu lebih mudah, praktis, dan beragam dari segi pembayaran karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan pembayaran dapat melalui transfer bank, rekeber, atau COD (cash on delivery). Tentu saja beragam sistem pembayaran ini mampu memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam berbelanja produk.

8. Adanya fasilitas kredit untuk barang mahal

Tak perlu khawatir untuk pembelian produk dengan harga yang mahal seperti elektronik karena toko online akan memberikan fasilitas kredit dala jangka waktu tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan barang harga yang dijual dengan harga tinggi.

Kekurangan belanja online

 
1. Barang tidak dapat dilihat dan diraba

 
Meskipun keuntungannya banyak dan beragam, namun ada beberapa kekurangan dari belanja online yang perlu Anda tahu. Salah satu diantaranya adalah Anda tak dapat melihat dan meraba secara langsung barang atau produk yang akan Anda beli. Namun ini bukan masalah karena Anda dapat melihat deskripsi produk secara teliti, ditambah lagi ada klaim garansi jika terdapat cacat produk atau ada produk yang tak sesuai dengan keinginan.

2. Resiko tertipu cukup tinggi

Kekurangan lain dari belanja online adalah adanya kemungkinan untuk tertipu yang tinggi bila dibandingkan dengan belanja offline. Hal ini dikarenakan pembeli tak bertemu langsung dengan penjual dan tak bisa melihat produk secara nyata. Solusinya Anda perlu mencari toko online yang kredibel seperti ilotte.com agar transaksi Anda lebih aman dan nyaman serta bebas dari resiko penipuan.

3. Harus menunggu setelah transaksi

Belanja online tentu tak memungkinkan Anda untuk langsung menikmati serta membawa pulang barang yang Anda beli. Hal ini dikarenakan Anda harus menunggu proses pengiriman barang terlebih dahulu selama beberapa hari. Untuk itulah Anda perlu bersabar sejenak saat menunggu barang yang Anda beli sampai barang tersebut sampai di rumah Anda.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari belanja online yang mungkin selama ini belum diketahui. Meskipun ada minus dan resikonya, namun dengan segala kelebihannya belanja online cukup efektif dalam memberikan kepuasan belanja bagi para konsumen yang berbelanja online. Yang terpenting adalah kewaspadaan dan kehati-hatian agar tak tertipu dengan belanja online. Dengan hal tersebut Anda dapat belanja dengan nyaman meskipun tak melihat dan bertransaksi langsung dengan penjual.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama