Setiap orang tentu mempnyai kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari. Anda harus menyadari kebiasan-kebiasaan itu tak selamanya menguntungkan. Bisa jadi lho, kebiasaan hidup yang selalu kita lakukan bisa membawa kita ke jurang malapetaka jika tidak berhati-hati.

Kali ini info bagi Anda mengenai kebiasaan buruk yang menyebabkan kanker mata. Meski sering diabaikan, ternyata kebiasaan ini masih sering dilakukan dan bahkan tiap hari dilakukan sebagian besar orang.

Apa saja itu? Dilansir dari intisari grid.id, berikut  beberapa kebiasaan yang memicu kanker mata tetapi masih sering dilakukan oleh banyak orang.

1. Melihat layar terlalu lama

Orang tua zaman dahulu selalu memberi peringatan bahwa tidak terlalu dekat duduk saat melihat TV. Tapi kini hal tersebut sudah mulai dihindari.  Karena sebagian besar orang justru beralih ke layar ponsel dan juga layar komputer.

Hampir 61% manusia setiap hari selalu melihat layar komputer atau ponsel tanpa istirahat. Separuh di antaranya (35%) mengaku melihat layar komputer lebih dari empat jam setiap harinya.  Kebiasaan tersebut merupakan pemicu utama terjadinya kanker mata.

Dr Clare O'Donnell, Kepala Optegra Eye Science, mengatakan "Ketika menatap layar, mata akan refleks mengurangi kebiasaan berkedip tiap menitnya.

Refleka kedipan tersebut akan merusak sebab akan membuat mata kering dan menyebabkan iritasi."

Sehingga dianjurkan untuk memberi jarak antara mata dan layar, serta beristirahat minimal satu jam sekali.

2. Tidak menggunakan eye remover
Meski terbilang penting bagi perempuan, penggunaan eye remover atau pembersih riasan mata sering kali diabaikan.

Seusai berias diri, terkadang perempuan masih malas membersihkan riasan wajah sehingga partikel make up masih menempel dan membahayakan kulit dan juga organ tubuh lain.

Penelitian di Optegra membukuktikan bahwa lebih dari 50% perempuan sering mengabaikan membersihkan riasan mata pada malam hari sebelum tidur.

Hanya 20% tak pernah melewatkan aktivitas tersebut. Padahal membersihkan riasan mata sangat amat penting!

Partikel riasan yang menyentuh kulit di area mata dapat membuat mata terinfeksi karena kandungan riasan.  Tak hanya itu, partikel riasan dapat masuk ke dalam mata dan akan menimbulkan endapan yang bisa memicu kanker.

3. Tidak memakai kacamata
Sinar matahari memiliki pengaruh kuat untuk merusak kesehatan mata.  Sebagian besar orang kini telah sadar betapa pentingnya kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV berlebih.

Dr O'Donnell mengatakan, "Kita tak boleh meremehkan bahaya matahari bagi mata.

Memakai kacamata hitam berkualitas atau setidaknya bisa melindungi mata dari sinar UV merupakan salah satu cara terbaik."

O'Donnell menambahkan bahwa kebiasaan tersebut harusnya sudah diterapkan pada anak-anak sejak dini agar kebiasaan baik ini terbawa hingga mereka dewasa.
 
 
 
 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama